Berbagi Ilmu Bersama Pasti Bisa

Bersama Wujudkan Pendidikan Yang Maju, Mandiri dan Sejahtera

Bersama Wujudkan Pendidikan Yang Maju, Mandiri dan Sejahtera

Sabtu, 10 Oktober 2020

Jahe Jargo Adiwiyata

 1. JAHE

Jahe (Zingiber officinale), adalah tanaman rimpang yang sangat populer sebagai rempah-rempah dan bahan obat. Rimpangnya berbentuk jemari yang menggembung di ruas-ruas tengah. Rasa dominan pedas disebabkan senyawa keton bernama zingeron. (https://id.wikipedia.org/wiki/Jahe ).

Jahe merupakan salah satu rempah-rempah yang sudah tak asing lagi keberadaannya di tanah air. Pada ulasan kali ini, kita akan menyimak bersama apa saja manfaat jahe dipandang dari sudut pandang medis. Rempah ini sebenarnya masih 1 keluarga dengan kunyit dan kapulaga. Oleh karena itu tak heran jika jahe juga memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan.

        Dalam karya ini kami memilih produk Jahe sebagai unggulan SMP Negeri 1 Ngadirojo untuk mewujudkan sekolah Adiwiyata Mandiri dengan produknya yang diberi nama “ JARGO” ( Jaran Goyang ) merupakan akronim dari jahe racikan ngggo tombo meriang atau jahe racikan untuk obat meriang (demam). Bahan–bahan dalam pembuatan produk ini anatar lain jahe sebagai bahan utama yang ditambah dengan kencur, sereh, dan gula. Berikut Dokumentasi Produknya:





2. OMAH WEDANG JARGO
        Sekarang di Wonogiri Sudah dibuka OMAH WEDANG JARGO yang berada di depan Gedung PGRI, Brumbung, Wonogiri. Kedai ini salah satunya di dukung oleh Ibu Sri Rahayu, S.Pd. Kedai Angkringan yang satu ini lain dari yang lain. Menu andalan Kedai ini adalah Wedang Jargo,Nasi Tiwul Jangan Lombok, Nasi Bakar. Disamping itu juga ada menu makanan seperti Nasi Oseng, Nasi Teri, Nasi Bandeng, Nasi Bancakan, Nasi Soto, Aneka Sundukan. Lalu untuk minuman ada Teh Panas, Es Teh, Tea Lemon, Kopi Susu Jahe, Teh Jahe, Kopi Jahe,dll. 
        Angkringan ini di buka dan diresmikan pada tanggal 31 Agustus 2020 oleh Wakil Bupati Wonogiri Bapak Edy Santosa, SH. Angkringan OMAH WEDANG JARGO ini di buka tentunya untuk menambah imunaitas Warga di Kabupaten Wonogiri. Karena Banyak bahan menu disini dari Jahe. Seperti JARGO ini merupakan akronim dari Jaran Goyang yang artinya minuman Jahe yang dicampur dengan kencur dan sereh untuk menambah imunitas tubuh. Angkringan yang satu ini dibuka mulai pukul 17.00 sampai selesai, untuk live music juga ada di sini yang dimulai pukul 20.00 WIB.
RASAKAN SENSASINYA!!!!





Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Definition List

Unordered List

Support